Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Danau dan Pulau Satonda Dompu Sumbawa

Dompu memiliki beberapa tempat yang memiliki potensi pariwisata sejuk dan indah, tempat wisata tersebut bisamenjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Dompu apalagi selesai lebaran idul fitri tahun ini, salah satu tempat wisata yang perlu dipetimbangkan adalah pulau satonda

tempat wisata pulau satonda dompu

Wisata pulau satonda tidaklah seterkenal pantai lakey namun keindahan alam dan kesejukan yang disajikan pulau satonda perlu diperhitungkan pula.

Pulau Satonda terletak di daerah utara pulau Sumbawa dikenal juga dengan nama Gunung Satonda, memiliki ketinggian 289 Km diatas permukaan laut dengan luas wilayah seluas 4,8 Km. Gunung ini memiliki kawah danau air asin dengan diameter 0,8 Km yang letaknya di tengah-tengah pulau. Ikan yang hidup di Danau Satonda hanya mencapai ukuran 5 Cm dan sampai saat ini masih misterius kenapa ikan yang ada di dalam Danau Satonda tidak dapat berkembang dengan bagus.

selain menikmati indahnya pantai, alam bawah laut serta hijaunya pegunungan pulau Satonda, pengunjung yang datang ke pulau ini juga bisa menikmati terapi alam di danau kecil yang ada ditengah pulau Satonda.

Danau Satonda Di Pulau Satonda

di pulau satonda terdapat danau satonda, Salah satu keunikan yang membuat Pulau Satonda ini terkenal adalah danau air asinnya. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 75 meter. Alasan mengapa danau ini asin masih misterius hingga sekarang. Konon, nama danau yang nama aslinya Moti To'i ini dulunya adalah air tawar. Jadi, mengapa danau ini berubah menjadi asin?

Terbentuknya Danau Satonda

Hasil riset peneliti Jerman pada bulan Oktober tahun 1994, menyimpulkan bahwa danau air asin di Pulau Satonda ini kemungkinan hasil Tsunami akibat letusan Tambora pada tahun 1815. Sedangkan, menurut riset ahli vulkanologi pada tahun 2006, berpendapat bahwa 4000 tahun yang lalu ada terowongan di bawah laut, airnya merembes dan saking lamanya terowongan tersebut tertutup, jadilah danau air asin. Pendapat ketiga mengatakan bahwa Pulau Satonda adalah gunung api dasar laut. Saat meletus, air lautnya mengisi kawah.

Konon kabarnya tingkat keasinan di danau ini dua kali lipat lebih asin dari air laut. Dengan demikian, kita bisa mengambang dan tidak akan tenggelam dari permukaan danau. Daya apung lebih besar karena tingkat keasinan lebih tinggi. Tingginya tingkat keasinan di danau Satonda membuat tidak banyak biota air bertahan hidup di dalam danau ini. Selain alga, atau semacam lumut yang tumbuh pada bebatuan di tepi danau, ada penghuni tetap danau Satonda, yaitu ikan-ikan kecil yang sering dijadikan ikan terapi oleh masyarakat. Masyarakat setempat menamai ikan tersebut dengan ikan Gobin

Pulau Satonda dikelilingi oleh batu karang dan memiliki ragam ikan hias yang sama jenisnya dengan yang ada di Indonesia. Inilah keunikan dan keajaiban Pulau Satonda, Pulau Satonda merupakan tempat yang tersembunyi dengan lautnya yang biru dan gunung berapi yang menjulang tinggi. Pulau Satonda merupakan tempat yang paling sempurna untuk berenang dan menyelam sembari menikmati air danau yang tenang. 

lokasi pulau satonda

Untuk dapat mencapai Pulau Satonda anda dapat melalui jalan darat dengan lama perjalanan dari Sumbawa Besar kira-kira 7 jam dan dari Dompu kira-kira 4 jam dan juga dapat melalui laut.

pulau satonda terletak di kecamatan Pekat kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat. Dari kota Dompu perjalanan menuju pulau yang satu ini bisa di tempuh selama kurang lebih 4 jam, jalannya pun sudah bagus dengan aspal hotmix mulus.

Dari Dompu menuju pulau ini akan melewati 3 kecamatan, kecamatan Manggalewa, kemudian kecamatan Kempo serta terakhir kecamatan Pekat.

lokasi tempat wisata pulau satonda Dompu pada map:




Posting Komentar untuk "Wisata Danau dan Pulau Satonda Dompu Sumbawa"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">