Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tempat Wisata Paling Bagus Di Pulau Lombok

pulau lombok merupakan potensi pariwisata yang terkenal di indonesia, tempat wisata di pulau lombok sangatlah banyak, oleh karena itu kami merangkum beberapa tempat wisata dianggap paling bagus di pulau lombok yang bisa menjadi referensi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di pulau lombok apalagi selesai lebaran idul fitri tahun ini. apabila ada nama lain dari yang kami sebutkan dibawah jangan lupa tinggalkan komentar......ok...

berikut adalah Beberapa Tempat Wisata Paling Bagus Di Pulau Lombok

 Gili Trawangan

Wisata Pulau Gili Trawangan Lombok NTB

Gili Trawangan termasuk pulau yang paling besar di antara kedua pulau lainnya, yaitu Gili Meno dan Gili Air. Gili Trawangan terletak di atas permukaan laut, memiliki panjang 3 km dan lebar 3 km serta memiliki penduduk sekitar 800 jiwa, bagian paling padat penduduknya adalah sebelah timur pulau ini.

Dibandingkan dengan Gili Meno dan Gili Air, Pulau Trawangan lebih banyak diminati oleh para wisatawan. Hampir setiap malamnya, di pulau ini selalu diadakan pesta yang dirayakan di pusat keramaian. Aktivitas yang sering dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving, snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, berselancar, dan menyelam.

Bagi para wisatawan yang senang dengan kegiatan diving dan snorkeling. Gili Trawangan menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat mengagumkan. Saat menyelam wisatawan akan menemukan berbagai bentuk dan jenis karang. Semakin dalam menyelam maka akan semakin banyak menemukan berbagai jenis ikan, seperti hiu, kerapu, belut laut, kepiting laut, dan sebagainya. Apabila para wisatawan tak cukup berani menyelam lebih dalam, cukup hanya menikmati terumbu karang yang berada di pinggir pantai. Dalam terumbu karang, para wisatawan dapat melihat beranekaragam jenis-jenis ikan hias yang melintas di pinggir karang dan melihat koral berwarna biru, yang hanya bisa ditemui di perairan Karibia 

Gili Trawangan relatif lebih diminati oleh wisatawan karena menawarkan fasilitas rekreasi yang lebih lengkap. Suasana gembira dan damai oleh kumpulan orang yang sedang berpesta di malam hari menjadikan pulau ini banyak diminati wisatawan, terutama wisatawan asing.

Selain menikmati keindahan suasana pantainya, di Gili Trawangan wisatawan juga dapat berkeliling pulau menggunakan cidomo atau sepeda pantai.

Bagi para wisatawan yang ingin lebih lama di Gili Trawangan dan berniat menyewa sebuah penginapan, jangan khawatir di sini sudah banyak tempat penginapan Di Pulau Trawangan telah tersedia ratusan rumah penginapan baik itu berupa hotel, motel, villa, maupun resort yang telah memenuhi standar pelayanan internasional. Berbagai jenis rumah penginapan ini menawarkan dan menyediakan beragam fasilitas, seperti kolam renang, toko suvenir, dan cendera mata, toko obat, tempat penyewaan sepeda dan cidomo tempat voli pantai, pijat dan spa, kafe, bar, restauran, tempat laundry peralatan olahraga air, money changer, ruang TV Chanel Internasional, dan sebagainya.

Wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan tidak dikenai biaya masuk, kecuali biaya akomodasi dan fasilitas, seperti penginapan sewa sepeda gayung, sewa motor boat, sewa cidomo, dan sebagainya.

selengkapnya tentang gili trawangan



 Pantai Sengigi

Tempat Wisata Pantai Senggigi Lombok Barat

Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok dan pantai yang paling bagus di pulau lombok, Pantai Senggigi terletak di sebelah barat laut Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi apabila ada di sana seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Akan tetapi kita akan menemukan kenyamanan yang melebihi Pantai Kuta karena dilihat dari kondisinya Pantai Senggigi jauh lebih nyaman dan tenang, hal ini dipengaruhi oleh belum maraknya para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. 

Pantai Senggigi kini mulai dilirik oleh para wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara, karena daerahnya yang relatif perawan dan juga informasi yang telah meluas mengenai keberadaannya. Dengan bertambahnya minat dan antusiasme wisatawan ke Pantai Senggigi pemerintah daerah setempat dan perusahaan swasta makin giat membangun dan membenahi segala prasarana, agar para wisatawan makin tertarik untuk mengunjungi pantai ini. 

Pantai Senggigi terletak di sebelah utara Bangsal merupakan pantai yang paling populer dan sudah terkenal akan keindahannya. Pantai yang terletak 12 kilometer dari sebelah barat laut Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lombok ini, terbentang hampir sepanjang 10 km dengan hamparan pasir putih yang seolah menggoda para wisatawan untuk duduk di atasnya dan sejenak melupakan segala rutinitas hidup dari kepadatan lalu lintas kota. Di pantai ini juga kita menghirup udara segar dengan menikmati pemandangan air laut yang berwarna biru bercampur hijau serta menikmati indahnya matahari terbenam di Pantai Senggigi.

selengkapnya tentang pantai sengigi


Pantai Kuta Lombok


Wisata Pantai Kuta Lombok NTB

Pantai Kuta dalam ingatan sebagian orang pasti berada di Pulau Bali. Ternyata, pantai Kuta tidak hanya ada di pulau Bali, Kabupaten Lombok Tengah juga memiliki pantai kuta yang tidak kalah bagusnya. Pantai Kuta terletak di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Awalnya, pantai ini tidak dijamah oleh manusia dan lokasinya sangat sepi. Akan tetapi, lambat laun Pantai Kuta Lombok mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia dan turis mancanegara. Pantai Kuta mulai dilirik semenjak berdirinya hotel-hotel megah di sekitar pantai.

Pantai Kuta Lombok memiliki keistimewaan tersendiri karena pantai ini dikelilingi oleh hamparan bukit yang menciptakan perpaduan warna antara hijaunya perbukitan dan birunya air laut Bukan hanya itu, Pantai Kuta juga memiliki butiran pasir yang halus dan nyaman untuk diinjak dengan kaki telanjang. Para wisatawan memanfaatkan pasir halus ini untuk melancarkan peredaran darah keseluruhan tubuh 

Selengkapnya tentang pantai kuta

lokasi map kuta lombok

 Air terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile Lombok NTB


Air terjun Sendang Gile terletak di kawasan Rinjani dan bisa dibilang air terjun tempat wisata paling bagus di pulau lombok, Air terjun ini muncul dari atas tebing dan jatuh ke sungai yang ada di bawahnya. Dasarnya relatif datar sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjunnya. Air terjun Sendang Gile lebih banyak diminati para wisatawan karena jarak tempuhnya sangat dekat dengan kawasan Rinjani.

Menurut cerita, masyarakat setempat tidak sengaja menemukan air terjun ini ketika sedang memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk hutan. Air terjun ini memiliki ketinggian 31 m. Airterjun ini juga menawarkan suasana damai dan santai. Sentuhan alamnya jauh dari suasana perkotaan, panoramanya asri, udaranya masih segar karena banyak pepohonan yang rindang sehingga mampu menghilangkan kepenatan.

Masyarakat setempat percaya bahwa air terjun Sendang Gile bisa membuat awet muda. Untuk itu, para wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini selalu menyempatkan diri untuk mandi atau sekadar cuci muka di bawah air terjun

Untuk menuju tempat wisata ini diperlukan waktu sekitar 2-3 jam dari pusat Kota Mataram atau Bandara Selaparang. Tidak ada kendaraan umum menuju lokasi air terjun, untuk itu disarankan agar menyewa kendaraan roda empat karena di Kota mataram banyak disediakan rental-rental mobil.  

Untuk bisa mencapai air terjun Sendang Gile, para wisatawan harus berjalan kaki dengan menuruni 315 anak tangga melalui sebuah lembah selama 15 menit. Wisata alam Air Terjun Sendang Gile terletak di daerah utara Kabupaten Lombok Tengah. Tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan. Desa ini berjarak sekitar 60 km dari Kota Mataram. 

Bukit Malimbu

Wisata Bukit Malimbu Lombok NTB

Bukit Malimbu merupakan daratan tinggi terusan area Pantai Senggigi, dan merupakan bukit paling bagus sebagai tempat wisata yang terletak di pulau Lombok. Sebenarnya nama Malimbu diambil dari nama sebuah tempat wisata terkenal di negara Amerika, yaitu Malibu karena keindahannya hampir sama dengan keindahan Malibu yang ada di Amerika. Akan tetapi, masyarakat lokal, khususnya masyarakat Lombok tidak biasa dengan pengucapan Malibu maka berubah menjadi Malimbu. Di pantai ini, kita dapat menikmati hamparan pasir putih yang terbentang di hadapan bukit.

Objek wisata Bukit Malimbu juga menawarkan panorama yang beragam, mulai dari Pantai Biru, melihat indahnya sunset, deburan ombak, gunung yang nampak hijau sampai ke deretan pulau-pulau kecil. Objek wisata ini masih bersifat alami karena masih terdapat kera/monyet berkeliaran di antara pohon-pohon besar yang masih terjaga. Bukit Malimbu adalah sebuah tempat yang sangat indah dengan pemandangan alam terbuka dan memesona di mana para pengunjung dapat menikmati indahnya matahari terbenam dengan pemandangan Gunung Agung di Bali dan deretan gili gili (pulau) di bagian utara Pulau Lombok. Ini adalah lokasi yang paling mengesankan bagi yang ingin menikmati keindahan alam Pulau Lombok terutama pada sore hari. 

Banyak turis mancanegara dan lokal yang datang hanya untuk mengabadikan keindahan bukit yang masih terjaga keasliannya ini. Biasanya para wisatawan akan melewa! bukit ini, apabila melakukan perjalan ke daerah Gili

Untuk menuju lokasi ini dari Kota Mataram membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan darat. Untuk mencapai Bukit Malimbu harus membawa kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan sendiri karena tidak ada kendaraan umum yang langsung menuju lokasi.

Lokasi Bukit Malimbu belum terjamah oleh tangan manusia sehingga pemerintah setempat belum menerapkan tarif khusus apabila memasuki objek wisata Bukit Malimbu. Dalam melakukan rekreasi ke Bukit Malimbu sebaiknya membawa bekal makanan yang cukup banyak karena di daerah sekitar belum terdapat tempat penginapan atau restoran yang melayani kebutuhan wisatawan. Apabila berencana untuk bermalam dan beristirahat di Bukit Malimbu, sudah tersedia gubuk-gubuk kecil milik masyarakat setempat yang disewakan sebagai tempat beristirahat ataupun hanya sekadar menikmati keindahan pantai sambil menyantap bekal yang dibawa dari rumah.


 Taman Narmada

Wisata Taman Narmada Lombok Barat

Taman Narmada merupakan sebuah taman yang dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan dan tempat mandi keluarga kerajaan Mataram. Selain itu, terdapat pula taman-taman dan beberapa peralatan yang digunakan untuk menghibur raja-raja. 

Taman Narmada terletak di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 10 km sebelah timur Kota Mataram. Tahun 1727 M, Raja Anak Agung Gde Ngurah Karangasem membangun sebuah taman indah bernama taman Narmada. Nama Narmada diambil dari nama sebuah anak sungai gangga yang sangat suci di India yang bernama Narmadanadi. Taman ini menyerupai Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Bagi umat Hindu, air merupakan suatu unsur suci yang memberi kehidupan kepada semua makhluk di dunia ini. Air yang memancar dari dalam tanah (mata air) disamakan dengan tirta amerta (arti keabadian) yang memancar dari Kensi Sweta Kamandalu. Dahulu kala, nama Narmada digunakan untuk menyebutkan nama mata air yang membentuk beberapa kolam dan sebuah sungai di tempat tersebut. Lambat laun digunakan untuk menyebut pura dan keseluruhan kompleks Taman Narmada.

Kompleks Taman Narmada yang ada di Lombok itu dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu gerbang utama, jabalkap, telaga kembar, gapura gelang/paduraksa, mukedes, telaga padmawangi, balai loji, balai terang, petandaan bangunan sakapat, balai bancingah, Pura Kalasa, dan Pura Lingsar.

Bangunan-bangunan lain di kompleks Taman Narmada dalam wujud pertamanan sudah sulit ditelusuri keasliannya Menurut peta tahun 1899 taman di kompleks Taman Narmada di antaranya adalah: Taman Bidadari, Taman Anyar, Taman Paresak, dan Taman Kelasa. Taman Anyar dan Taman Kelasa saat ini telah menjadi perkampungan penduduk. Adapun Taman Paresak, saat ini telah menjadi kebun buah buahan dengan tanaman utamanya ialah buah manggis.

selengkapnya tentang taman air narmada

 

Dusun sade

Dusun Sade, Dusun Tradisional Khas Lombok


dusun yang satu ini kami tempatkan sebagai dusun paling bagus sebagai tempat wisata di pulau lombok karena Sade termasuk salah satu dusun tradisional yang masih asli. Jumlah penduduknya tidak pernah berubah karena keluarga yang baru menikah harus membangun rumah di tempat lain, kecuali apabila mewarisi rumah orang tuanya. Dusun Sade terletak di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Warga Dusun Sade secara umum bermata pencaharian sebagai petani, pengrajin tenun kain ikat (khususnya para wanita), menganut agama Islam, serta terkenal dengan konsep 3 waktu/pokok (wetu telu) yang masih hidup dalam kesadaran budayanya, yaitu lahir, tumbuh, dan mati, seperti tercermin dalam konsep bangunan tangga rumah dan praktik salat tiga waktu (ajaran Islam wetu telu). Seiring perkembangan zaman konsep wetu telu telah tergantikan oleh konsep wetu lima, yang dibawa oleh ajaran agama mayoritas, yaitu Islam. Dusun Sade bisa dikatakan sebagai sisa-sisa kebudayaan Sasak Lama yang mencoba bertahan sejak zaman Kerajaan Penjanggik di Praya, Lombok Tengah, apabila dilihat dari wilayah yang masih mempertahankan adat-budaya Sasak. 

Dilihat dari pola dan bentuk bangunannya, sekitar 152 rumah di dusun ini relatif mempunyai bentuk sama. Ukuran rumahnya juga hampir sama, yaitu berukuran 7 x 5 meter. Rumah-rumah ini dibangun dengan menggunakan bahan bahan alami sebagai dasar kontruksinya, seperti dinding dinding rumah terbuat dari bambu dan atapnya terbuat dari rumbia. Yang lebih unik lagi, seluruh rumah di dusun ini menghadap Gunung Rinjani, yaitu sebuah gunung tertinggi di Pulau Lombok (3.676 m dpl). Arah hadap rumah ke Gunung Rinjani ini dikarenakan kepercayaan bahwa Gunung Rinjani dianggap sebagai tempat bersemayamnya roh-roh leluhur. Corak dan arah hadap rumah-rumah merupakan simbol yang menggambarkan warga Sade berinteraksi dengan lingkungannya.

Selain menyuguhkan bangunan-bangunan tradisional kepada wisatawan, Sade ini juga menawarkan keunikan lain, yakni hasil kerajinan tenun ikat. Para wanita di dusun ini adalah pelaku utama kerajinan ini, mereka tekun menenun menggunakan alat sederhana dan tradisional sehingga menghasilkan kain yang indah. Selain tenun, warga dusun ini juga menghasilkan beragam kerajinan aksesoris dan suvenir seperti gelang, kalung, gantungan kunci, dan lain lain. Aksesori-aksesori ini rata-rata bermotif cecak, hewan yang dianggap sebagai simbol keberuntungan.

Untuk menuju Dusun Sade sangatlah mudah. Apabila wisatawan menempuh jalur laut dapat berangkat dari Pelabuhan Bay Bali menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk sampai di Pelabuhan Lembar. Setelah itu, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Mataram dan langsung menuju Bandara Selaparang Mataram. Apabila perjalanan di mulai dari Bandara Ngurah Rai Denpasar akan memakan waktu 15 menit. Dari Kota Mataram (Terminal Mandalika), wisatawan dapat langsung menuju Praya (Ibu kota Kabupaten Lombok Tengah) menggunakan transportasi umum. Setelah tiba di Praya wisatawan bisa langsung menuju Dusun Sade dengan menyewa mobil atau ojek.


Sentra Industri Gerabah Banyumulek

Sentra Industri Gerabah Banyumulek Lombok Barat

Sentra Industri Gerabah Banyumulek sudah cukup terkenal di Pulau Lombok dan sekitarnya sehingga wajar dibilang sebagai tempat wisata sentra industri paling bagus di pulau lombok. Desa Banyumulek terletak di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Desa ini berada sekitar 14 km bagian selatan Kota Mataram.

Banyumulek dalam bahasa Sasak, artinya air jernih. Banyumulek dikenal sebagai wilayah dengan kualitas tanah lempung nomor satu di Pulau Lombok. Sampai akhirnya, pemerintah daerah setempat menetapkan Desa Banyumulek sebagai Sentra Industri Gerabah unggulan Nusa Tenggara Barat. 

Berlibur ke Desa Banyumulek akan menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Di sini, wisatawan akan memilih secara langsung beraneka bentuk, corak, dan warna gerabah yang diinginkan. Soal kualitas, Sentra Industri Gerabah Banyumulek tidak dapat diragukan lagi. Saat memasuki desa, wisatawan akan disambut dengan sebuah gapura rangka besi bertuliskan "Sentra Industri Gerabah Banyumulek". Setelah masuk gapura, di sepanjang desa wisatawan akan melihat deretan art shop di depan rumah-rumah warga. Selain kerajinan yang bersifat fungsional, seperti periuk dan gentong, produk kerajinan gerabah Banyumulek juga menyediakan hasil kerajinan untuk dekorasi ruangan, seperti asbak, vas bunga, lampu tembok, dan sebagainya. Pembuatan kerajinan gerabah Banyumulek berbeda dari lainnya karena pembuatannya masih mempertahankan teknik pembakaran tradisional, yaitu dengan menggunakan kayu bakar dan jerami kering. Pembakaran gerabah dilakukan di tengah kebun yang luas, masyarakat setempat menyebutnya tenunug lendang. Teknik pembakaran menggunakan jerami memberikan keuntungan karena gerabah dapat dibakar secara besar-besaran sehingga mudah untuk diwarnai. Kelemahannya adalah gerabah yang dibakar mudah retak dan tidak tahan lama. 

Akses menuju Desa Banyumulek sangat mudah. Apabila wisatawan berasal dari Pelabuhan Padang Bay Bali harus menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Perjalanan Padang Bay - Pelabuhan Lembar dengan kapal feri memakan waktu sekitar 4 jam. Setelah tiba di Pelabuhan Lembar, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Mataram dan langsung menuju Desa Banyumulek.


Taman Mayura

Taman Air Mayura Mataram


Dalam bahasa sansekerta Mayura artinya burung merak. Mayura merupakan perpaduan unik dan khas dari konsep taman, kolam, serta pura untuk beribadah. Mayura terletak di Cakranegara 

Taman air Mayura dibangun oleh A. A. Made Karangasem pada tahun 1744. Bangunannya masih kental dengan corak Bali, Jawa, dan Lombok. Pada awalnya bangunan ini bernama taman kelepug, yang diambil dari suara kelepug-kelepug air akibat derasnya mata air yang ada di telaga dalam taman tersebut

Perjalanan menuju Taman Air Mayura membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Kecamatan Narmada menggunakan angkutan umum atau taksi. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini harus membeli tiket masuk. Uang yang dikeluarkan untuk tiket masuk sudah termasuk biaya seorang pemandu wisata (guide) yang akan menunjukkan bangunan sejarah taman Air Mayura.

selengkapnya tentang taman air mayura

lokasi di google map

Posting Komentar untuk "Beberapa Tempat Wisata Paling Bagus Di Pulau Lombok"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">