Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahraga Yang Baik Untuk Otak

Olahraga yang baik untuk otak


Otak sangat peka terhadap 2 (dua) zat sehingga perannya sangat menentukan apakah otak dapat berfungsi dengan baik (optimal) atau tidak. Kedua zat tersebut adalah glukosa (gula darah) yang berasal dari hasil pencernaan karbohidrat dan oksigen (O) yang kita hirup melalui hidung dan diserap oleh paru-paru dan kemudian diedarkan oleh jantung ke seluruh jaringan tubuh .

Olahraga yang baik untuk otak

Dengan demikian oksigenasi otak juga menjadi bagian penting dalam upaya membangun kekuatan otak yang maksimal. Oksigensasi otak yang baik dapat dicapai melalui berbagai jenis olah raga yang bersifat aerobik, di antaranya:

1. Senam aerobik

2. Jalan-jalan

3. Lari-lari kecil (jogging)

4. Jalan cepat 

5. Berenang

6. Senam pernapasan

7. Meditasi atau yoga

Carl Cotman dari University of California bahkan telah membuktikan bahwa jogging dalam beberapa hari setiap minggu dapat  meningkatkan protein-protein otak, dan dengan demikian dapat membantu pencegahan sel-sel otak terutama yang berhubungan dengan fungsi kognitif otak dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh berbagai hal.

Kebiasaan merusak otak

Beberapa hal yang dapat merusak dan mengganggu fungsi otak adalah:

1. Kebiasaan minum alkohol (alkoholis)

2. Kebiasaan merokok

3. Gaya hidup yang penuh dengan stress baik stress fisik maupun stress emosional

4. Pola makan yang tidak sehat

Kesemua aktivitas di atas dapat menyebabkan meningkatnya kadar radikal bebas dalam sel-sel otak yang bersifat sangat merusak/destruktif terhadap struktur dan fungsi sel otak itu sendiri.



pernah dipublish patner kami mandandi.com

Posting Komentar untuk "Olahraga Yang Baik Untuk Otak"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email