Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat dan Manfaat Asam Jawa sebagai Tanaman Obat untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Asam Jawa sebagai Tanaman Obat untuk Kesehatan
Asam Jawa


Asam Jawa (Tamarindus Indica L.)


Asam Jawa merupakan salah satu tanaman yang tidak Asing lagi bagi kita, sebelum membahas khasiat dan Manfaat Asam Jawa sebagai Tanaman Obat untuk Kesehatan, ada baiknya Mengenal terlebih dahulu tentang asam Jawa baik dari klasifikasi, ciri dan lain sebagainya.

1. Klasifikasi Tanaman

Asam Jawa merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dibutuhkan orang karena fungsinya, terutama digunakan dalam memasak. Pohon Asam jawa dapat ditemui di dataran rendah di tepi-tepi jalan raya sebagai pohon perindang. Untuk pengembangbiakannya digunakan biji-bijian. Asam jawa adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek. Tanaman ini mengandung : asam anggur, asam apel, asam tartrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, asam asetat, pectin.

Asam Jawa juga dikenal dengan nama Tamarindus indica, termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam Jawa adalah asam (Malaysia) asem (Jawa), sampalok (Tagalog), ma-kham (Thai), dan tamarind (Inggris).

Klasifikasi Tanaman Asam Jawa 

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta 

Class : Magnoliopsida

Ordo : Fabales

Familia : Fabaceae

Subsuku : Caesalpinioideae

Genus : Tamarindus

spesies : tamarindus indica

2. Contoh Cara Pemakaian asam Jawa untuk pengobatan 

Selain berfungsi sebagai bahan bumbu dapur, asam Jawa dengan kandungan kimianya juga banyak bermanfaat untuk pengobatan. Adapun contoh serta cara pengobatannya adalah seperti yang dijelaskan di bawah ini.

a. Bisul

Untuk mengobati bisul, yang digunakan adalah asam kawak (daging buah asam matang yang sudah diolah dan warnanya hitam, bukan coklat) sebesar telur burung puyuh, direndam dalam 1 gelas air sehingga mengembang, ditambah 5 iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris, gula aren untuk pemanis. Semua dididihkan sehingga airnya tinggal setengah. Diminum 1x sehari sampai sembuh.

Untuk ditempelkan: asam kawak sebesar telur burung puyuh, sedikit garam dan sedikit minyak dicampur dan dilumatkan. Tempelkan ke bisul. Lakukan setiap hari sampai bisul sembuh. 

b. Jerawat

Untuk Pengobatan Jerawat menggunakan asam Jawa, asam Jawa dicampur dengan beberapa bahan lainnya. Caranya adalah

1. Sebanyak 12 helai daun sambiloto, 10 iris temulawak, kencur 5 cm, 11 sendok teh adas, 10 helai daun jintan, semua dicuci. Lumatkan dengan asam kawak sebesar telur burung puyuh. 

2. Beri 1 2/2 gelas air, saring dan ampasnya diperas dengan kain. Minum 3x sehari. Untuk obat luar: asam Jawa diberi air bersih, diremas-remas, disaring dan airnya dipakai untuk mencuri muka menjelang tidur malam.

C. Gatal Berupa Titik-Titik Merah Bergelembung Air

Untuk Pengobatan Penyakit ini dengan menggunakan asam Jawa, caranya adalah:

1. Delapan iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris dan gula aren direbus dengan segelas air, sampai airnya tinggal setengah. 

2. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh, aduk sampai asam keluar sarinya. Saring. Minum 1x sehari sampai sembuh.

d. Gatal pada Bekas Luka yang Sudah Kering

Bekas luka yang baru kering biasanya terasa gatal. Bila digaruk biasanya akan menimbulkan sakit yang baru. Untuk menghindari menggaruk, lakukan pengobatan, salah satunya dengan menggunakan asam jawa ini, caranya ada dua cara:

1. Cara I:

Gunakan asam kawak dilembapkan dengan air bersih yang sudah matang, lalu digosokkan ke bekas luka yang gatal.

2. Cara II:

Gunakan 1 sendok makan penuh daun asam, sepotong empu kunyit dicuci, dilumatkan, ditempel ke bekas luka yang gatal.

e. Batuk Kering

Batuk kering biasa sangat menyakitkan, bila diobati dengan obat yang dijual dipasaran selain harga, juga biasanya menimbulkan kantuk.

Pengobatan alternatif dengan menggunakan asam jawa ini caranya adalah seperti berikut :

1. Siapkan 2 gelas daun asam, 2 gelas daun saga, 5 cm kayu manis Cina dicuci, direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas. 

2. Diminum siang hari, sebagai pengganti air minum biasa. Ulangi selama beberapa hari.

f. Sariawan

Sariawan biasanya disebabkan oleh panas dalam, untuk menyembuhkannya terlebih dahulu dengan menghilangkan panas dalamnya. Dengan menggunakan asam Jawa ini juga tidak kalah dengan obat-obatan yang ada di pasaran. Cara yang perlu kita lakukan, yaitu:

1. Siapkan 1 cangkir daun asam muda, sepotong kunyit 5 cm. Semua dicuci dan kunyit diiris. 

2. Rebus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Supaya rasanya agak enak, boleh ditambahkan gula aren saat merebus, saring, minum pagi dan sore. Ulangi selama beberapa hari.

g. Keputihan

Keputihan adalah penyakit yang khusus terjadi pada kaum wanita. Penyakit ini juga salah satu jenis penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan asam Jawa. Cara pengobatannya adalah sebagai berikut:

1. Asam kawak sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas dicuci, kunyit 5 cm dicuci, dikupas, dan ditambah sedikit gula aren.

2. Daun asam dan kunyit dilumatkan, diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Masukkan asam dan gula.

3. Aduk-aduk sampai gula larut. Peras dengan kain. Diminum menjelang tidur malam setiap hari.

h. Campak

Campak mudah untuk diobati dengan asam Jawa, yaitu dengan menggunakan daunnya yang dicampur dengan kunyit, garam dan gula. Caranya adalah sebagai berikut.  

1. Sediakan 1 gelas daun asam, 3 rimpang kunyit segar dicuci, diiris, sedikit garam, dan gula aren.

2. Semua direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah 

3. Diminum pagi dan sore. Ulangi seperlunya.





Source:

Dari berbagai sumber internet

Sopandi, 2016, Tanaman Obat Tradisional (jilid III),PT sarana panca karya nusa. H. 60-64


Posting Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Asam Jawa sebagai Tanaman Obat untuk Kesehatan"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email