Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat dan Manfaat madu untuk kesehatan

 

Khasiat dan Manfaat madu untuk kesehatan
Khasiat dan Manfaat madu untuk kesehatan



Pengobatan Alami Madu

Madu adalah dibuat oleh lebah menggunakan nektar dari bunga. Lebah madu (genus Apis) adalah yang paling populer, karena merupakan jenis madu yang dikumpulkan oleh sebagian besar peternak lebah dan dikonsumsi oleh orang-orang. Lebah madu mengkonversi nektar menjadi madu dengan proses tertentu. Mereka menyimpannya sebagai sumber makanan utama dalam lilin sarang .

Kandungan Madu

Madu terdiri dari gula seperti glukosa , fruktosa dan mineral seperti magnesium, kalium , kalsium , natrium klor , belerang , besi dan fosfat . Ini mengandung vitamin B1 , B2 , C , B6 , B5 dan B3 yang semuanya berubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Selain di atas , tembaga , yodium , dan zeng juga terkandung di dalamnya namun dalam jumlah kecil . Beberapa jenis hormon juga terdapat di dalamnya.

Antibakteri madu berasal dari hidrogen peroksida (H2O2). Sebuah antimikroba yang kuat, H2O2 dapat membunuh hampir semua kuman, serta beberapa sel kanker. Madu bahkan dapat membunuh bakteri resisten antibiotik seperti MRSA.

Selain itu, madu mengandung phytochemical yang penting untuk kesehatan. Karotenoid, pitosterol, fenolat, peptida, dan bahan kimia tanaman lainnya yang terdapat dalam madu. Semua ini penting bagi kesehatan manusia dan banyak memiliki sifat penyembuhan. Banyak juga sinyal sel-sel kekebalan tubuh untuk

melepaskan kekebalan mengatur zat aktif yang disebut sitokin. Sitokin tertentumemiliki aktivitas antiinflamasi.

Khasiat Madu Untuk Kesehatan

Madu menawarkan antiseptik yang luar biasa, antioksidan dan meningkatkan kekebalan properti untuk tubuh dan kesehatan kita. Ini tidak hanya melawan infeksi dan membantu penyembuhan jaringan, tetapi juga membantu mengurangi peradangan dan sering digunakan untuk mengobati masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan, sakit maag dan gastroenteritis.

Para peneliti dari seluruh dunia yang menemukan manfaat kesehatan yang baru dan menarik dari madu dan item penyembuhan lainnya yang dihasilkan di dalam sarang seperti propolis, royal jelly dan bee pollen. Varietas madu berbeda dalam warna, tekstur dan rasa. Karakteristik sel berbentuk segi enam dan lilinnya yang penuh dengan madu dapat dikunyah seperti permen karet .

Manfaat madu untuk kesehatan

1. Mencegah penyakit Kanker dan jantung

Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

2. Mengurangi bisul dan gangguan pencernaan lainnya.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pengobatan madu dapat membantu gangguan seperti bisul dan gastroenteritis bakteri. 

3. Anti-bakteri, anti-jamur, anti-jamur

"Semua madu antibakteri, karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida," kata Peter Molan, Direktur Unit Penelitian Madu di Universitas Waikato di Selandia Baru.

4. Meningkatkan kinerja atletik

Atlet Olimpiade kuno akan makan madu dan buah ara kering untuk meningkatkan kinerja mereka. Ini sekarang telah diverifikasi dengan studi modern, yang menunjukkan bahwa makanan tersebut unggul dalam menjaga tingkat glikogen dan meningkatkan waktu pemulihan dibandingkan pemanis lainnya.

5. Mengurangi batuk dan tenggorokan iritasi

Madu membantu mengobati batuk, terutama madu soba. Dalam sebuah studi dari 110 anak-anak, dosis tunggal madu soba sama efektifnya dengan dosis tunggal dekstrometorfan dalam meredakan batuk terutama pada malam hari.

6. Seimbangkan 5 elemen

Madu telah digunakan dalam pengobatan di India selama sekitar 4000 tahun dan dianggap mempengaruhi semua tiga dari ketidakseimbangan bahan primitif tubuh secara positif. Hal ini juga dikatakan berguna dalam meningkatkan penglihatan, penurunan berat badan, menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini, gangguan saluran kemih, asma bronkial, diare, dan mual.

Madu disebut sebagai "Yogavahi" karena memiliki kualitas menembus jaringan terdalam dari tubuh. Bahkan ketika madu digunakan dengan obat herbal lain, yang dapat lebih meningkatkan efek penyembuhannya.

7. Pengaturan Gula darah

Madu mengandung gula yang tidak sama dengan gula putih atau pemanis buatan. Kombinasinya berupa fruktosa dan glukosa yang sebenarnya membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menekan gula darah Anda.

8. Menyembuhkan luka dan luka bakar

Aplikasi luar madu telah terbukti sama efektifnya dengan pengobatan konvensional dengan sulfadiazin. Ini bisa disebabkan dari kandungan anti bakteri dan kandungan gula madu.

9. Probiotik

Beberapa jenis madu memiliki sejumlah besar bakteri menguntungkan. Diantaranya 6 jenis laktobasilus dan 4 spesies bifidobacteria . Kandungan bakteri positif yang menguntungkan tubuh manusia inilah yang diduga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang diderita manusia.

10. Kulit Indah

Anti bakteri dalam madu sangat berguna untuk kulit dan bila digunakan dengan bahan lainnya, juga dapat melembabkan dan memberi nutrisi bagi kulit anda.

11. Kolesterol

Berdasarkan berbagai penelitian dan percobaan, ditemukan bahwa mngkonsumsi madu secara rutin dapat menurunkan kolesterol. Ini tentu saja merupakankabar baik bagi anda yang menderita gangguan kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol yang tinggi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan serangan jantung dan berbagai penyakit lainnya.

12. Sistem Imun

Mengkonsumbi madu yang dicampur dengan bubuk kayu manis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari bakteri dan serangan virus . Para ilmuwan telah menemukan bahwa madu memiliki berbagai vitamin dan zat besi dalam jumlah besar. Konstan menggunakan Madu memperkuat sel-sel darah putih untuk melawan penyakit bakteri dan virus .


Posting Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat madu untuk kesehatan"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email