Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Kandungan Pala Untuk Kesehatan

 

Manfaat  dan Kandungan Pala Untuk Kesehatan
Manfaat  dan Kandungan Pala Untuk Kesehatan

PALA (Myristica fragrans)

Klasifikasi Tanaman Pala 

Kingdom          : Plantae

Divisio             : Magnoliophyta

Class                 : Magnoliopsida

Ordo                 : Magnoliales

Familia              : Myristicaceae

Genus                : Myristica

Species               : Myristica fragrans

Daerah Penyebaran Pala 

Berasal dari Maluku, kini ditanam di negara-negara tropis, dan di kepulauan Antillia. Tanaman ini biasa ditanam di kebun dan di tempat lain pada ketinggian sekitar 1000 m dari permukaan laut.

Uraian Tanaman Pala 

Tumbuhan berbatang sedang ini dapat mencapai ketinggian sekitar 18 m. Daunnya berbentuk bulat-telur atau lonjong. panjang. Bagian belakang daun berwarna biru kehijauan, sedang bagian atas daun berwarna hijau tua, berukuran 15 x 7 cm dan berbau wangi aromatis. Bunganya berwarna kuning, sebagian besar adalah bunga jantan dan sebagian lagi bunga betina. Bunga tersebut berkumpul sebagai malai. Bunga betina agak lebih besar dari bunga jantan dan tidak mempunyai tiang benang sari. Tanaman pala berbuah bundar, dengan kerut menurut panjangnya buah. Biji pala yang diperdagangkan berwarna merah, daging buah keras, berwarna keputih-putihan, mengandung getah putih, dan rasanya kelat, enak dimakan dengan gula atau sirop.

Kandungan Kimia Buah pala 

mengandung zat-zat : minyak terbang (myristin, pinen, kamfen (zat membius), dipenten, pinen safrol, eugenol, iso-eugenol, alkohol), gliseda (asam miristinat, asam oleat, borneol, giraniol), protein, lemak, pati gula, vitamin A, B1 dan C. Minyak tetap mengandung trimyristin Kegunaan

Pala dikenal sebagai obat pelepas kelebihan gas di usus dan sebagai obat perut. Kulit dan daunnya mengandung minyak terbang dengan wangi pala yang menyenangkan. Pala Papua dipakai sebagai obat pencahar sedangkan pala jantan dipakai sebagai obat diare dan obat perangsang. Bunga pala kering dipakai sebagai campuran jamu. Getah segar yang berwarna kehijau-hijauan dari buahnya (beserta air) dipakai sebagai obat kumur untuk mengobati sariawan. Sabun pala berguna untuk mengobati encok.

Jika mengkonsumsi biji pala terlalu banyak dapat terjadi efek merangsang (hampir mendekati keracunan), karena biji pala menimbulkan efek membius dan menimbulkan rangsangan yang kuat pada urat saraf disusul oleh depresi dan tanda-tanda keracunan seperti sakit kepala, kejang, halusinasi, kepala pusing, dan sebagainya.


sehat dengan obat alami, M. A. Laksita, jakarta, cv sinar cemerlang abadi, h. 41


Posting Komentar untuk "Manfaat dan Kandungan Pala Untuk Kesehatan"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email