Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Manfaat Kunyit Sebagai Obat

Manfaat Kunyit Sebagai Obat
Manfaat Kunyit Sebagai Obat


KUNYIT (Curcumae domestica)


Klasifikasi Tanaman Kunyit

Kingdom                   : Plantae

Divisio                       : Magnoliophyta 

Class                         : Liliopsida

Ordo                         : Zingiberales

Familia                       : Zingiberaceae

Genus                         : Curcuma

Species                       : Curcumae domestica

Daerah Penyebaran  Kunyit

Kunyit ditanam dan ada yang ditemukan liar tumbuh dimana-mana. Kunyit (Curcuma domestica) adalah tanaman terna tahunan. Hampir di seluruh Pulau Jawa, kunyit tumbuh dan berkembang secara liar di semak-semak hutan jati. Kunyit merupakan tumbuhan daerah subtropis sampai tropis dan tumbuh subur di dataran rendah lebih kurang 9o meter sampai dengan ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Kunyit digunakan sebagai bumbu masakan dan sebagai obat atau jamu (seperti di Cina, Jepang, Indo Cina, Semenanjung Melayu, dan Indonesia).

Uraian Tanaman Kunyit

Kunyit termasuk jenis rumput-rumputan. Tingginya dapat mencapai 1 m dan bunganya muncul dari pucuk batang semu dengan panjang sekitar 10- 15 cm, berwarna putih. Daunnya lebar berlanset, licin, dan berbatang panjang. Umbi akarnya berwarna kuning tua, berbau wangi, dan rasanya agak manis. Kunyit mempunyai batang pohon semu dan basah. Rimpangnya memiliki banyak cabang dengan kulit luarnya berwarna jingga kecoklatan.

Kandungan kimia Kunyit

Kunyit merupakan jenis temu-temuan yang mengandung senyawa kimia yaitu minyak atsiri, curcumin (zat berwarna kuning), turmeron, zingiberen, minyak terbang, turmerol (minyak turmerin, yang menyebabkan rasa aromatis dan wangi kunyit), fellandren, kamfer, curcumon, lemak, pati, damar-damaran.

Manfaat Kunyit

Rimpang kunyit yang berumur lebih dari satu tahun dipakai sebagai obat (umbi akar bersifat mendinginkan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut, merangsang, melepas kelebihan gas di usus, menyetop pendarahan dan mencegah pengentalan darah). Kunyit juga dipakai sebagai anti gatal, anti kejang dan sebagai obat gingivitis (pembengkakan selaput lendir mulut). Kunyit diminum sebagai ekstrak atau dipakai sebagai salep untuk mengobati borok, absis, bengkak, dan encok. Setelah dibakar dan dihisap asapnya, kunyit berkhasiat melegakan hidung tersumbat. Selain berkhasiat sebagai obat, kunyit juga dimanfaatkan sebagai bumbu berbagai makanan.



sehat dengan obat alami, M. A. Laksita, jakarta, cv sinar cemerlang abadi, h. 34






 

Posting Komentar untuk "Berbagai Manfaat Kunyit Sebagai Obat"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email