Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting ! ini Manfaat Tanaman Obat Jahe bagi Kesehatan

manfaat jahe
jahe



Klasifikasi Tanaman

Kingdom        : Plantae

Divisio            : Spermatophyta

Class              : Monocotyledoneae

Ordo              : Zingiberales

Familia           : Zingiberaceae

Genus            : Zingiber

Species          : Zingiber officinale

Daerah Penyebaran

Tanaman ini berasal dari Asia Selatan (India) dan RRC. Namun sekarang tanaman ini banyak ditemukan di wilayah tropis dan subtropis, contohnya di Indonesia. Tanaman jahe biasanya ditanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian kurang lebih 1500 m di atas permukaan laut terutama di tanah gembur dan subur. Jahe yang amat baik dihasilkan di Jamaika, Sri Langka, dan Cina.

Tentang Tanaman Obat Jahe

Zingiber officinale merupakan tumbuhan herba menahun yang membutuhkan banyak sinar matahari. Tumbuhan semak berbatang semu ini tingginya bisa mencapai 30 cm - 1 m. Batangnya tegak, berakar serabut dan berumbi dengan rimpang mendatar. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah.

Rimpang jahe berkulit agak tebal membungkus daging umbi yang berserat dan berwarna coklat dengan aroma yang khas, Berdaun tunggal, berbentuk lanset dengan panjang antara 15 - 28 cm. Bunganya memiliki 2 kelamin dengan 1 benang sari dan 3 putik bunga. Bunga ini muncul pada ketiak daun dengan posisi duduk. Tanaman jahe siap dipanen apabila daunnya telah menguning.

Kandungan kimia

Jahe sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpang jahe mengandung minyak atsiri, damar, mineral sineol, felandren, kamfer, borneol, zingiberol, gigerol (misalnya di bagian-bagian merah), zingeron yang menyebabkan rasa pedas, lipidas, asam amino, niacin, vita min A, B1, C, dan protein. Minyak jahe berwarna kuning dan kental. Minyak ini kebanyakan mengandung terpen, fellandren, dextrokamfen, bahan sesquiterpen yang dinamakan zingiberen, zingeron damar, dan pati.

Manfaat tanaman obat Jahe

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, sudah sejak dulu jahe dipergunakan sebagai obat atau bahan baku jamu. Jahe menjadi tanaman obat-obatan yang paling banyak dipakai di dunia. Rimpang Zingiber officinale mengandung 6% bahan obat-obatan yang sering dipakai sebagai obat resmi di 23 negara. Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan dan baik

untuk membangkitkan nafsu makan, Jahe berguna sebagai obat gosok untuk penyakit encok dan sakit kepala. Jahe segar yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengobati perut mulas. Rasa dan aromanya yang pedas dapat menghangatkan tubuh dan mengeluarkan keringat. Minyak atsirinya bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, anti inflamasi, dan anti bakteri. Air perasan umbinya digunakan untuk mengobati penyakit katarak. Jahe juga dipakai sebagai pencampur beberapa jenis obat lainnya seperti obat batuk, obat luka luar dan dalam, melawan gatal (umbinya ditumbuk halus) dan untuk mengobati gigitan ular.

Obat alami untuk penyakit sebagai berikut 

1. Sakit kepala/migrain

2. Batuk

3. Masuk Angin

4. Rematik, nyeri pinggang, nyeri punggung 

5. Mengeluarkan gas dari perut

6. Bengkak-bengkak 

7. Mual, mabuk di perjalanan

8. Eksem

9. Panu

10. Terkilir

11. Vitiligo (bercak putih karena kehilangan pigmen)

12. Borok

13. Digigit ular

14. Gatal karena gigitan serangga 

15. Penyakit cacing gelang



sehat dengan obat alami, M. A. Laksita, jakarta, cv sinar cemerlang abadi, h. 8-10


Posting Komentar untuk "Penting ! ini Manfaat Tanaman Obat Jahe bagi Kesehatan"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email