Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Tanaman Obat Kayu Manis

 

Kayu Manis
Kayu Manis

Kayu Manis merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki khasiat untuk beberapa penyakit misalnya hipertensi, sariawan, dan asam urat.
Kayu Manis merupakan salah satu rempah-rempah biasanya dipakai sebagai penyedap rasa ataupun bumbu dalam masakan. Namun siapa sangka Kayu Manis juga memiliki berbagai khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Sebelum kita membahas manfaat dan khasiat kayu manis, berikut adalah klasifikasi tentang kayu manis

Klasifikasi Tanaman

Kingdom       :Plantae

Divisio          : Magnoliophyta

Class            : Magnoliopsida

Ordo            : Laurales

Familia         : Lauraceae

Genus          : Cinnamomum

Species        : Cinnamomum verum

Daerah Penyebaran

Asal-usul kayu manis belum jelas, kemungkinan berasal dari China, Vietnam, Korea, dan Jepang. Kayu manis dapat tumbuh secara baik di tanah subur, drainasenya baik, liat berpasir, curah hujan lebih dari 1000 mm, penyebaran hujan merata dengan suhu tahunan di atas 16°C dan cahaya yang cukup. Setelah melewati masa anakan, dapat bertahan pada suhu di bawah -9°C.

Tentang  Tanaman kayu manis

Kayu manis dapat mencapai ketinggian 40 m. Kulit kayu berwarna kuning atau cokelat dengan retakan vertikal. Daun bergantian, sederhana, dengan 3 sampai beberapa tulang daun berbeda, berbau menyengat bila di remas. Bunga berkelamin ganda putih kekuningan, lunak, dengan malai di ujung. Kayu manis (Cinnamomum verum atau C. zeylanicum) adalah sejenis pohon rempah-rempah yang beraroma kuat, manis, dan pedas. Karena sifatnya tersebut kaya manis sangat digemari masyarakat untuk digunakan sebagai bumbu.

Kayu manis menjadi salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan ada beberapa masakan khas Indonesia sia yang mensyaratkan sebagai bumbu wajib untuk mendapatkan

masakan yang lezat, seperti kolak, cookies, dan cake. Penggunaannya dapat dalam bentuk kulit kayu maupun bubuk. Dalam penyimpanannya kayu manis membutuhkan tempat yang kering dan tertutup rapat agar aroma wangi tidak hilang.

Kandungan dan Khasiat Kayu manis

Kayu manis banyak mengandung senyawa kimia bermanfaat, seperti zat aktif N-terpinena, 1,8-sineol, terpin eol, Z-sitral, geranial, minyak atsiri berupa trans-kariofilen, eugenol, miristin, 3-karena, N-pinene dan 1-limonena.

Kandungan kimia yang terdapat pada kayu manis mempunyai khasiat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Di antaranya dapat meringankan dan menyembuhkan penyakit radang lambung, tekanan darah tinggi, vertigo, liver, sariawan, asam urat, rematik, asma, dan kram waktu haid. Kayu manis juga berkhasiat untuk mencegah influenza, masuk angin, muntah-muntah, mual, rematik, memperlancar pencernaan, anti diare, mengurangi keletihan tubuh. Kayu manis juga berpotensi besar sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung koroner. Pada kulit batang kayu manis terkandung zat yang merangsang insulin. Aktifitas insulin akan memperlancar proses metabolisme glukosa, sehingga kadar gula di dalam darah bisa ditekan mendekati normal.

Ramuan untuk beberapa penyakit.

  • Asam Urat

Ambil 1 jari kulit kayu manis, 15 gr jahe merah, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 5 gr biji pala dan 4 gr daun cor bebek Rebus semua bahan dengan menggunakan 600 c air sampai tersisa 300 cc, saring dan diminum.

  • Hipertensi

 Ambil 1 jari kulit kayu manis, 10 gr asam trenggalis, 60 gr rambut jagung, 30 gr daun seledri. Rebus semua bahan dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring dan minum airnya ketika masih hangat.

  • Sariawan

Sediakan 2 jari kulit kayu manis, cuci kemudian potong potong. Rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring dan minum airnya ketika masih hangat 2 sendok makan 3 kali sehari.



sehat dengan obat alami, M. A. Laksita, jakarta, cv sinar cemerlang abadi, h. 3-5


Posting Komentar untuk "Khasiat Tanaman Obat Kayu Manis "

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email