Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Adas

Tanaman Obat Adas
Tanaman Obat Adas

 

Adas ( Foeniculum vulgare Mill)

Klasifikasi Tanaman

Kingdom             : Plantae

Divisio                 : Magnoliophyta

Class                   : Magnoliopsida

Ordo                   : Apiales

Familia                : Apiaceae

Genus                 : Foeniculum

Species               : Foeniculum vulgare

Tentang Tanaman Obat Adas

Tumbuhan liar berumpun dan bergetah ini, biasanya ditambah di hutan-hutan maupun ditanam di kebun dengan tinggi sekitar 0,5 sampai 3 m. Daunnya halus berbentuk jarum Buahnya yang harum panjangnya sekitar 0,5 cm digunakan sebagai obat yang dipadukan dengan kulit kayu pulasari (Alyxia reinwardtii). Bunganya majemuk berbentuk payung berwarna kuning

Kandungan & Manfaat

Adas mengandung minyak atsiri seperti limonina yang mengharumkan, sedangkan kandungan flavonoida-nya berkhasiat menyembuhkan radang. Minyak atsiri juga bisa membunuh mikroba. Buahnya mengandung minyak terbang (anetol, pinen, felandren, dipenten, fenchone, metilchavikol, anisaldehida, asam absisat, kamfen) dan minyak lemak

Obat alami untuk penyakit sebagai berikut

1.Batuk pada anak-anak 

2. Sakit perut pada anak, diare 3 - 4 kali sehari,kembung (minyaknya) 

3. Ambeien

4. Haid tidak teratur

5. Asma

6. Bau mulut karena sariawan atau sakit tenggorokan

7. Biduran mual, 

8. Demam

9. Mencegah step (kejang pada anak 

10. Weil (bijinya)

Ramuan untuk beberapa penyakit

1. Batuk pada anak-anak. 

1 sendok teh adas, sepotong kulit kayu pulasari berukuran 4 cm dan i bawang merah dikupas. Semua dicuci, kemudian ditumbuk. Beri i gelas air dan sepotong gula batu, masak sampai airnya tinggal setengah gelas. Separuh diminum sebelum sarapan dan separuh lagi sebelum tidur. Ulangi beberapa hari.

2. Sakit perut pada anak-anak, diare 3-4 kali sehari, mual, dan kembung

3 sendok teh adas, 5 pucuk daun jambu biji, 10 cm pulasari. Semut dicuci dan dimemarkan, Rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Disaring dan diminumkan airnya sebagian pagi dan sebagian lagi untuk malam hari.

 3. Bau mulut karena sariawan atau sakit tenggorokan.

1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, dicuci. Tambahkan sedikit garam, Seduh dengan secangkir air. Setelah dingin diperas dengan kain. Untuk 3 kali minum, Jangan langsung ditelan, tapi biarkan sebentar saat di mulut, lalu sedikit demi sedikit ditelan. Ulangi beberapa hari 

4 Biduran

2 sendok teh adas, kunyit ukuran 7 cm dikupas, 2 bawang merah dikupas, Semua dicuci, ditumbuk, diseduh dengan 1 1/2 gelas air, dibiarkan sebentar lalu disaring dengan kain. Untuk diminum 3x sehari setengah gelas. Ulangi beberapa hari.

5. Demam. 

2 sendok teh adas, 4 em kulit batang pulasari dicuci, dimemarkan, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Labu air di cuci, dikupas dan di parut. Diperas dengan kain sehingga airnya menjadi hampir 1 gelas. Campurkan dengan air rebusan adas pulosari dan 2 sendok makan madu. Diminum sekaligus.

6. Mencegah Step pada Anak Kalau anak demam dan sulit kencing, 

untuk menurunkan panasnya bisa diberikan 4 sendok teh adas, 6 cm kulit batang pulasari, 7 butir biji anyang-anyang (Elaeocarpus grandiflorus). Semua dicuci bersih, direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Disaring dan diminum 1 gelas sehari.


sehat dengan obat alami, M. A. Laksita, jakarta, cv sinar cemerlang abadi, h. 10-12


Posting Komentar untuk "Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Adas"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email