Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haruskah Custom Domain Blogspot.com ke Domain TLD?

ALASAN CUSTOM DOMAIN BLOGSPOT

layanan penerbitan blog gratis, blogger.com, menggunakan alamat address blog dengan tambahan subdomain "blogspot.com" seperti www.example.blogspot.com. jadi tidaklah heran jikalau akan banyak dijumpai blog dengan akhiran tambahan .blogspot.com. oleh karenanya mungkin akan ada keinginan dari pemilik blog untuk Custom Domain Blogspot.com ke Domain TLD

mengubah Sub-domain blogspot.com ke domain TDL (Berbayar) .com dibutuhkan bahan untuk dijadikan pertimbangan sebelum mengambil keputusan untuk custom domain, perasaan bingung dan ragu mengingat resiko dari custom domain sendiri, mulai dari harus kehilangan Pagerank, backlink, Alexa Rank balik keawal, penurunan traffic, Penurunan proses Index oleh mesin pencari dll. mengganti sub-domain blogspot ke Custom domain akan membuat semuanya dimulai dari awal lagi .Google Search dan Search Engine lain akan menganggap sebagai blog baru, walaupun postingan diblog sudah banyak dan sudah lama berada di Internet.

Alasan harus pakai custom domain sendiri

Sebenarnya tidak masalah alamat blog menggunakan subdomain blogspot.com, karena banyak sekali blog yang masih menggunakan subdomain blogspot.com menempati urutan pertama di halaman awal pencarian google, selain itu juga subdomain blogspot.com bisa juga didaftarkan ke adsense untuk menampilkan iklan, tapi berikut beberapa alasan kenapa harus Custom Domain Blogspot.com ke Domain TLD?

1. tampil beda

tampil beda maksudnya disini adalah ketika custom domain tidak lagi menggunakan sub domain blogspot. com dan juga alamat blog tidak akan sama dengan alamat blog lain karena ketika membeli domain, penyedia domain hanya akan menawarkan domain yang belom digunakan atau tidak digunakan oleh blog lain.

2. Alamat blog lebih pendek

dengan custom domain sama halnya tidak menggunakan subdomain blogspot.com, dan itu berarti alamat blog menjadi lebih pendek.

3. lebih mudah diingat

domain blog yang pendek lebih mudah diingat dibandingkan dengan yang panjang, selain itu penulisan alamat domain yang pendek dipercaya mampu mengurangi kesalahan dalam menulis alamat domain.

4. Blog terlihat profesional

custom domain berarti tidak lagi menggunakan sub domain blogspot. com yang kebanyakan digunakan oleh blog yang baru dibuat, menggunakan blog dengan domain sendiri memberikan gambaran seperti halnya seorang yang profesional.

5. Serius untuk blog

melakukan custom domain merupakan salah satu bentuk keseriusan ngeblog, membeli domain ke penyedia domain tentunya dengan membayarnya, mengambil resiko jika melakukan Custom Domain Blogspot.com ke Domain TLD, sehingga dengan melakukan custom domain pemilik blog akan lebih serius lagi dengan blog.

selain hal hal diatas, dengan custom domain blog Suatu saat bisa dipindahkan ke WordPress tanpa harus kehilangan pengunjung dan lain-lain.

Bagaimana dengan resiko jika melakukan Custom Domain Blogspot.com ke Domain TLD? 

seperti yang disebutkan diatas, mengubah Sub-domain blogspot.com ke domain TDL (Berbayar) .com harus berani mengambil resiko mulai dari harus kehilangan Pagerank, backlink, Alexa Rank balik keawal, penurunan traffic, Penurunan proses Index oleh mesin pencari dll. mengganti sub-domain blogspot ke Custom domain akan membuat semuanya dimulai dari awal lagi .Google Search dan Search Engine lain akan menganggap sebagai blog baru, walaupun postingan diblog sudah banyak dan sudah lama berada di Internet.

tapi tidak masalah. berjalannya waktu semua akan kembali normal. mengganti sub-domain blogspot ke Custom domain memang membuat blog kita akan dianggap Google Search dan Search Engine lain sebagai blog baru, untungnya di Blogger ada fitur re-direct. traffic di blog yang lama akan di redirect ke Alamat Blog domain baru, sehingga traffic blog kita akan tetap terjaga meski mengalami penurunan.

"apabila saya diterima adsense menggunakan blogspot.com kemudian saya custom domain blog tersebut apakah unit iklan adsense nya tetap ada /muncul?"

jawabannya "tidak"

"apakah setelah custom domain TLD harus daftar ulang lagi? mulai dari awal lagi dong."

jawabannya "iya"

perlu di pertimbangkan ketika ingin melakukan custom domain dari blog yang menggunakan ekstensi blogspot.com dan sudah di upprove oleh google adsense, maka setelah custom domain perlu mengajukan permohonan kembali supaya web blog dapat menampilkan iklan adsense. Baca Selengkapnya mendaftarkan kembali adsense custom domain dan lamanya peninjauan diterima adsense lagi

custom domain Blogspot.com ke Domain TLD


Supaya bisa mengubah blogspot.com menjadi custom domain .com tentunya dengan menggunakan jasa penyedia domain, ada banyak penyedia di bidang jasa registrar domain itu sendiri, seperti NameCheap, GoDaddy. niagahoster, rumah web dll

Domain  paling banyak dan umum digunakan saat ini adalah ekstensi .COM. sebenarnya bukan hanya .com saja masih banyak domain yang bisa digunakan, Contoh Domain Name Selain .COM adalah .id, .net, co.id, .org, .info, .biz, .io, .us, .tv, .xyz

pengalaman pribadi custom domain, setelah membaca beberapa artikel di internet tentang custom domain akhirnya coba membeli domain di salah satu penyedia domain, awalnya agak bingung bagaimana mengganti domain dan menggunakan domain berbayar. coba mulai dari pesan domain di penyedia domain, melakukan pembayaran melalui Transfer ATM serta mengkorfirmasi pembayaran, setelah domain aktif coba pasang domain sambil baca tutorial setting DNS, dan lain-lain, lanjut ke pengaturan di blogger.com. dan akhirnya bisa aktif juga dengan domain baru. tentunya tidak lepas dari bantuan CS penyedia domain tempat memesan domain tadi.

setelah domain baru aktif, langsung saja segera memperhatikan hal hal Yang Harus Dilakukan Setelah Ganti Domain Blogspot ke Custom Domain TLD, seperti : 1. Mengaktifkan SSL (HTTPS) Dan Redirect Ke Custom Domain Baru 2. Mendaftarkan blog custom domain ke Google search console 3. Verifikasi custom domain baru di Google search console 4. Submit Sitemap domain yang baru 5. Posting Artikel Terbaru dan lain-lain

selain alasan yang telah disebutkan diatas, pindah dari sub-domain Blogspot.com ke domain berbayar sebenarnya adalah karena rasa penasaran, bagaimana caranya custom domain? supaya bisa sambil praktik, ya tentunya dengan langsung membeli domain dan memasangnya.

Posting Komentar untuk "Haruskah Custom Domain Blogspot.com ke Domain TLD?"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email