Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jika Custom Domain Apakah Harus Daftar Ulang Adsenses ?

custom domain blog yang sudah di adsense


"apabila saya diterima adsense menggunakan blogspot.com kemudian saya kustom domain blog tersebut apakah unit iklan adsense nya tetap ada /muncul?"

"apakah setelah custom domain TLD harus daftar ulang lagi? mulai dari awal lagi dong."

mungkin itulah beberapa bentuk pertanyaan bagi blogger yang mau melakukan custom domain, lebih khusus yang telah di diterima oleh adsense ketika menggunakan blogspot.com tapi ingin melakukan custom domain TLD ekstensi seperti .com

sebelum membahas mengenai hal tersebut, ada baiknya mengertahui terlebih dahulu perihal  adsense dan blogger

A. blogger  "blogspot.com" diterima di adsense

Adsense merupakan program kerjasama periklanan media Internet yang diselenggarakan oleh Google. dengan adanya adsense pemilik blog atau web dapat memasang iklan di web atau blog jika disetujui oleh google adsense sendiri.

sedangkan Blogger merupakan layanan penerbitan blog yang didirikan oleh Pyra Labs, dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut umumnya diakses dari subdomain "blogspot.com"

adsense dan blogger, keduanya sama-sama berada di bawah naungan perusahaan raksasa di bidang internet yaitu google, jadi tidaklah ayal jika pengguna blogger dapat mendaftarkan web / blognya ke google adsense. walaupun masih menggunakan ekstensi blogspot.com. jadi hanya modal blogspot.com bisa diterima di google adsense, dan apabila diterima di adsense pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

kabar hanya modal blogspot.com bisa diterima di google adsense, mungkin bisa di bilang berita yang mengembirakan, tapi fenomena pun terjadi. fenomena nya adalah ketika dengan bermodal blogspot.com tapi di terima oleh adsense, sudah merasa nyaman dengan blogspot tapi beberapa  godaan datang, salah satunya adalah dengan mengganti domain, mungkin supaya kelihatan lebih profesional lagi yah... mungkin.....mudah mudahan jadi profesional beneran....

Blog juga dapat disajikan dari domain khusus yang dimiliki oleh pengguna (seperti www.example.com) dengan menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google. Supaya bisa mengubah blogspot.com menjadi custom domain .com tentunya dengan menggunakan jasa penyedia domain, ada banyak penyedia di bidang jasa registrar domain itu sendiri, seperti NameCheap, GoDaddy. rumahweb, hostinger dll

B. custom Domain dan Mengajukan peninjauan adsense 

"apabila saya diterima adsense menggunakan blogspot.com kemudian saya kustom domain blog tersebut apakah unit iklan adsense nya tetap ada /muncul?"

jawabannya "tidak"

"apakah setelah custom domain TLD harus daftar ulang lagi? mulai dari awal lagi dong."

jawabannya "iya"

tidak jarang yang curhat mengenai perjuangan supaya blognya di terima di adsense. ada yang bilang sulit dan ada juga tidak, tergantung personal masing masing, namun perlu di perhatikan adalah ketika ingin melakukan custom domain dari blog yang menggunakan ekstensi blogspot.com dan sudah di upprove oleh google adsense, maka setelah custom domain perlu mengajukan permohonan kembali supaya web blog dapat menampilkan iklan adsense.

sama seperti halnya mengganti blog address / alamat blog yang menggunakan subdomain blogsot.com dan sudah diterima di google adsense (misalnya example.blogspot.com diubah menjadi blogkamu.blogspot.com )
maka iklan adsense tidak akan muncul di alamat blog baru.

tapi kan sudah redirect ke alamat custom domain TLD yang baru?

walaupun sudah melakukan pengalihan alamat url blog ke yang baru tetap saja perlu mendaftar dan mengajukan peninjauan ulang ke google adsense supaya iklan bisa terpasang di blog. hal ini karena akun adsense hanya berfungsi pada domain blogspot.com yang dulu.

inilah salah satu hal yang perlu yang perlu di jadikan bahan pertimbangan ketika melakukan custom domain.

C. Berapa Lama Akan Di Terima Kembali Ke Akun Adsense

Mengenai Berapa lama Waktu di terima adsense ketika mengajukan kembali blog yang telah custom domain ini bisa di bilang tidak pasti.

pengalaman pribadi setelah custom domain 2 blog yang sama sama telah di pasang iklan adsense tidaklah terlalu lama (tidak sampai sebulan)

1. blog pertama yang di custom domain

setelah melakukan custom domain TLD, tidak lupa pula mendaftarkan kembali ke google search console supaya terindeks di pencarian google, kemudian mendaftarkan kembali ke gooogle adsense untuk dilakukan peninjauan ulang agar dapat memasang iklan.

blog pertama yang dicustom mengunakan template bawaan google memiliki spesifikasi 35 postingan, sudah dipasang halaman about us, contact us, privacy policy, term of service, dan disclaimer,  serta sudah ditambah beberapa menu di sidebar navigasinya, dan telah dipasang footer yang dicustom.

dua minggu menunggu hasil peninjauan dari adsense sambil menambah konten postingan blog sampai jumlah postingan 39 artikel dan ternyata hasilnya ditolak .

di hari ketiga setelah penolakan, coba mengajukan peninjauan kembali ke google adsense dan tidak sampai seminggu iklan adsense muncul di postingan blog.

2. blog kedua yang di custom domain  

Seperti halnya blog pertama yang dicustom, blog custom domain ke dua ini mengunakan template bawaan google  sudah dipasang halaman about us, contact us, privacy policy, term of service, dan disclaimer,  serta sudah ditambah beberapa menu di sidebar navigasinya, dan telah dipasang footer yang dicustom. tetapi memiliki kurang lebih 250 postingan waktu itu,

ketika mendaftarkan ke google adsense tidak sampai 3 jam hasilnya keluar dan isinya ditolak , coba mencari dimana letak masalahnya ternyata di blog ini lupa untuk redirect ke alamat custom domain yang baru. segera saja memperbaiki masalah tersebut lalu mengajukan peninjauan kembali ke google adsense. tidak sampai 2 minggu blog ini dapat menampilkan iklan. 

#kesimpulan 

custom domain dari blog yang menggunakan ekstensi blogspot.com dan sudah di upprove oleh google adsense, maka setelah custom domain perlu mengajukan permohonan kembali supaya web blog dapat menampilkan iklan adsense. bukan berarti bahwa lebih baik tetap menggunakan eksistensi blogspot.com dengan alasan takut tidak diterima kembali di adsense.  peninjauan yang dilakukan adsense tentunya sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku dan dilakukan secara profesional juga. bukan berarti pula blogspot.com tidak bisa bersaing dengan dengan yang menggunakan domain TLD sebut saja strukturkode.blogsot.com blog tutorial blogging dengan banyak pengunjung. 

apakah perlu melakukan custom domain? jawabannya ada di anda sendiri.

Posting Komentar untuk "Jika Custom Domain Apakah Harus Daftar Ulang Adsenses ?"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email