Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gambar Format WebP Solusi Mempercepat Loading blog Selain Lazy Load

Gambar Format WebP
Gambar Format WebP

penggunaan gambar dewasa ini tidak hanya di media cetak saja, penggunaan gambar pada media elektronik, misalnya. gambar dengan berbagai ukuran dan berbagai format file terus dikembangkan sesuai kebutuhan. perkembangan jaman serta teknologi yang begitu cepat menuntun pula cepatnya penyebaran informasi dari berbagai media terutama di internet,  berbagai website menggunakan gambar untuk mencitrakan supaya lebih jelasnya informasi yang disampaikan.

penggunaan gambar pada website memang sangat diperlukan, akan tetapi penggunaan gambar yang berlebihan dengan ukuran yang besar bisa menyebabkan loading sebuah website menjadi lebih berat atau lambat. tentunya hal ini tidaklah diinginkan karena bisa membuat pengunjung web atau blog tersebut menunggu atau bahkan meninggalkan halaman web atau blog tersebut.

lazy load merupakan solusi yang ditawarkan di berbagai tutorial tips trik yang disediakan di internet untuk meringankan loading image atau loading gambar pada sebuah blog atau pun web site. lazy load memang terbukti ampuh untuk meringankan loading suatu blog, ini terbukti ketika blog yang template nya di pasang lazy load kecepatan load web /blog tersebut tambah cepat ketika di tes menggunakn page speed insight https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

namun bagaimana jikalau di template blog yang digunakan, lazy load yang dipasang tidak bekerja dengan baik?  apakah ada solusi lain?

ada banyak format gambar yang telah di kembangakan oleh developer, tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan  masing masing,

bagi para blogger tidaklah asing dengan page speed insight yang merupakan alat tes kecepatan  web site dari google.  ketika mengetes kecepatan sebuah blog atau web ada kalimat  "Image formats like JPEG 2000, JPEG XR, and WebP often provide better compression than PNG or JPEG, which means faster downloads and less data consumption" yang artinya kurang lebih seperti ini "Format gambar seperti JPEG 2000, JPEG XR, dan WebP biasanya memberikan kompresi yang lebih baik daripada PNG atau JPEG, sehingga download lebih cepat dan konsumsi data lebih kecil. "

kesempatan kali ini kita akan bahas tentang WebP

bagi yang menggunakan template bawaan blogger misalnya seperti contempo, soho, notable, emporio. template tersebut sebenarnya sudah responsive. jikalau menemukan kesulitan dalam memasang lazy load pada template contempo, soho, notable, emporio ada baik baiknya menggunakan format gambar WEBP.

lalu apakah gambar Webp bisa menjadi solusi selain lazy load?

dalam situs  https://developers.google.com/speed/webp
menyebutkan bahwa webp merupakan Format gambar baru untuk Web
WebP adalah format gambar modern yang memberikan kompresi lossless dan lossy unggul untuk gambar di web. Menggunakan WebP, webmaster dan pengembang web dapat membuat gambar yang lebih kecil dan lebih kaya yang membuat web lebih cepat.

Gambar lossless WebP berukuran 26% lebih kecil dibandingkan dengan PNG. Gambar webp lossy adalah 25-34% lebih kecil dari gambar JPEG yang sebanding pada indeks kualitas SSIM yang setara.
Lossless WebP mendukung transparansi (juga dikenal sebagai saluran alpha) dengan biaya hanya 22% byte tambahan . Untuk kasus-kasus ketika kompresi RGB lossy dapat diterima, lossy WebP juga mendukung transparansi , biasanya menyediakan ukuran file 3x lebih kecil dibandingkan dengan PNG.

WebP didukung secara asli di Google Chrome, Firefox, Edge, browser Opera, dan oleh banyak alat dan pustaka perangkat lunak lainnya. Pengembang juga menambahkan dukungan ke berbagai alat pengeditan gambar.

namun ada baiknya mengkompress ukuran gambar terdahulu setelah itu di konver ke dalam bentuk WebP sebelum mengupload gambar di blog. untuk conver mengubah ke format WebP bisa dilakukan secara online di https://ezgif.com/jpg-to-webp.  gambar yang berbentuk Webp ber ikon chrome.

setelah menggunakan gambar format Webp, di home blog ketika dites di page speed insight,  gambar tersebut di perhitungkan di pagespeed insight

Format WebP


namun ketika postingan blog, tes  di page speed insight gambar tersebut tidak muncul peringatan seperti home blog ketika dites di pagespeed insight, tidak ada peringatan seperti gambar di atas.

Jadi jika mengalami hambatan dalam menggunakan lazy load ada baiknya mencoba untuk menggunakan format WebP.

Posting Komentar untuk "Gambar Format WebP Solusi Mempercepat Loading blog Selain Lazy Load"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email