Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Makanan Yang Membuat Kulit Bersih

     
food healthy
food healthy
     mencuci wajah dan menggunakan krim terkadang efektif untuk mengatasi jerawat, namun bagaimana jika mengonsumsi makanan tertentu yang bagus untuk kulit dan membuat kulit lebih jernih, sebenarnya hal ini dapat lebih membantu untuk mencegah timbulnya masalah yang berkaitan dengan masalah kulit.
       Bila ini yang terbaik apa salahnya jika mencoba memasukkan tujuh makanan berikut ke dalam menu makanan sehat, yang tentunya membuat Kulit akan lebih bercahaya  dan cerah dalam waktu singkat.

1. Ikan berminyak (oily fish) Seperti salmon atau tuna

     Mengonsumsi ikan memberi tubuh Anda biotin, vitamin B yang, di antara banyak fungsinya, menghasilkan asam lemak dan memetabolisme asam amino (bahan pembangun protein). Kekurangan biotin dapat menyebabkan, antara lain, kulit bersisik - yang jelas tidak diinginkan.
     Menurut Brierley Wright, MS, RD, dari Friedman School of Nutrition Science and Policy di Tufts University, mengonsumsi tuna dan salmon dapat membantu melindungi kulit dari risiko kanker kulit. Asam lemak omega-3 dalam ikan yang berminyak, seperti salmon dan tuna, dapat mendongkrak pertahanan kulit dari perusakan ultra violet, demikian menurut sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition. Para peneliti mendapati bahwa responden yang mengonsumsi sedikitnya 141 gram ikan yang kaya omega-3 setiap minggu, akan menurunkan perkembangan luka pada kulit hingga 30 persen. Para ilmuwan menganggap omega-3 sebagai semacam perisai yang melindungi dinding-dinding sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Biji chia

       Asam lemak omega-3 membantu menjaga membran sel dengan melindungi kulit dan memberikannya kelembaban. Biji chia dan kenari kaya akan asam lemak ini (pilihan bagus bagi seorang vegetarian), Panganan sehat yang satu ini diketahui memiliki kandungan asam lemak Omega 3 yang cukup tinggi. Kandungan ini memang dikenal sangat baik untuk menutrisi, serta meredakan peradangan pada kulit. Lebih istimewanya lagi, biji chia bahkan juga dapat menjadi solusi untuk berbagai penyakit kulit, seperti rosacea dan juga psoriasis.

       Bila memiliki kulit wajah yang kusam, chia  bisa menjadi salah satu solusinya. Bahan alami ini kaya akan protein, zinc, dan beberapa jenis mineral yang baik untuk mencerahkan rona kulit. Selain rutin mengonsumsinya, biji chia dapat digunakan  sebagai masker wajah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Ubi jalar

      Ubi jalar biasa ditemukan di warung – warung yang menjual kripik, gorengan, menggunakan minyak sebenarnya kurang bagus buat tubuh , jadi alangkah baiknya apabila dalam penyajiannya, ubi jalar di rebus saja. Sayangnya, makanan dari ubi bukanlah jenis makanan favorit dan biasanya hanya dikenal sebagai makanan rakyat di pedesaan

      Mengonsumsi makanan yang kaya Serat dalam ubi jalar akan membantu menahan air. Hal ini akan mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh, memberi tubuh  cukup air, menjaga kulit  dan sel-sel lainnya cukup terhidrasi. Dan mengisi buah-buahan dan sayuran berwarna dan berwarna-warni — terutama yang kaya vitamin A, seperti ubi, wortel, bayam — telah terbukti meningkatkan warna dan penampilan kulit.

4. kacang almond

       Dikemas dengan vitamin E, almond dapat membantu  menjaga kulit yang sehat. Meskipun memakan kacang-kacangan ini tidak dapat menggantikan tabir surya, perlu dicatat bahwa vitamin E juga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

        Keuntungan almond untuk kulit adalah almond dapat membuat kulit lebih bercahaya karena kandungan vitamin E didalamnya. Vitamin E juga merupakan salah satu jenis antioksidan yang baik yang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan juga paparan sinar matahari. Almond juga mengandung protein dan berbagai vitamin yang akan menjaga kedar air dalam kulit agar tetap lembab dan melembutkan kulit

5. Biji bunga matahari

        Biji bunga matahari lebih Mashur dikalangan masyarakat Indonesia dengan kuaci, kuaci menjadi salah satu cemilan yang cukup banyak digemari, namun siapa sangka kalau biji bunga matahari memiliki manfaat terutama buat kulit.

      Agar khasiat biji bunga matahari maksimum untuk tubuh, maka saat mengonsumsi biji bunga matahari sebaiknya tidak ditambahkan garam karena dapat memicu tekanan darah tinggi bagi yang mengidap. Karena itu, konsumsi biji bunga matahari dalam bentuk kuaci sebaiknya dibatasi.

       Biji kecil ini menyediakan sumber vitamin E yang sangat baik dan membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di lingkungan dan di dalam tubuh (radikal bebas yang berlebihan dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit).

        Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang dapat memerangi radikal bebas yang bisa merusak membran sel, sel otak dan juga kolesterol.

 6. Karbohidrat kompleks

      Makanan olahan dan tepung putih dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan timbulnya jerawat. karbohidrat kompleks seperti barley, quinoa, kacang, dan beras merah — makanan yang semuanya lebih rendah pada indeks glikemik.

7. jus jeruk

       Buah jeruk dikenal sebagai buah kaya vitamin C dan mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit. vitamin C sudah banyak dipakai di berbagai klinik kecantikan seperti, injeksi vitamin C dan serum wajah untuk mengatasi masalah kulit kusam. Banyak merk kosmetik yang mengandalkan bahan dasar buah jeruk sebagai masker wajah, pelembab bahkan pembersih wajah. Ekstrak buah jeruk dapat dicampur dengan bahan natural lainnya seperti madu untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Demikian halnya dengan jus jeruk.

        Jus jeruk menyediakan cairan untuk membuat tubuh tetap segar dan Vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dan sel-sel lain dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di lingkungan dan di dalam tubuh. Vitamin C juga membantu menciptakan kolagen, protein struktural utama tubuh.

Posting Komentar untuk "7 Makanan Yang Membuat Kulit Bersih"

data-ad-format="auto">
data-ad-format="auto">

Berlangganan via Email